Senin, 21 April 2014

Mengenal Lebih dalam apa itu "Earth Day" ?

Jurnal Ilmiah | 17.38 |
Apa Itu Earth Day?

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Selamat siang agan-agan sekalian, selamat menikmati weekendnya masing2 bagi yang berlibur terutama kalangan Sekolah menengah atas seperti saya yang sedang menikmati masa weekend dan berdo'a untuk Kelulusan UN tahun 2014. Aamiin.
Hari ini, tepatnya tanggal 22 April 2014 pukul sekitar jam 8an tadi pagi saya mulai menyalakan komputer. ketika saya membuka internet, kemudian buka browser cometbird dan langsung muncul logo Google yang baru, ketika saya letakan kursor pada gambar tersebut, terlihat jelas ada tulisan kecil yang menjelaskan dari logo baru Search Engine Google ini yaitu tentang Earth Day atau yang sering kita dengar dengan istilah bahasa indonesianya Hari Bumi Sedunia, yang setiap perayaannya jatuh pada setiap tanggal 22 April setiap tahunnya.




Earth Day/Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitubumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatanPBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret

untuk memaknai Hari bumi, apa yang musti kita lakukan untuk bumi kita ?
1. Buanglah Sampah Pada Tempatnya, pisahkan sampah yang berjenis organik dan non organik. dengan membiasakan kita berperilaku seperti ini setiap hari itu juga akan berdampak positif sebagai antisipasi pencegahan banjir pula ya toh.
2. Jangan membakar sampah ketika siang hari, hal itu bisa menimbulkan banyak kerugian, seperti akan mengakibatkan pencemaran udara dari pembakaran sampah akan meracuni setiap orang disekitarnya, bahkan bisa menimbulkan pula kebakaran.
3. Berdayakan bahan2 bekas yang sekiranya hanya menjadi tumpukan sampah yang kurang berguna bertumpuk di gudang rumah, ya misalnya dengan membuat sebuah kerajinan tangan dari material2 bahan2 tersebut, untuk cara dan bagaimana kita membuat hal yang kreatif seperti itu, bisa kita cari di internet banyak lah.
4. Gunakan kendaraan bermotor diusahakan seperlunya saja, agar tingkat pencemaran dari karbondioksida yang dihasilkan dari pembakaran mesin kendaraan tersebut tidak terlalu banyak menyebar ke udara perharinya.
4. dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan kegiatan pelestarian lingkungan untuk keberlangsungan Planet Bumi yang kita Cintai ini.
Semoga Bisa Bermanfaat, Saran dan Kritik silahkan tuliskan saja di kolom komentar yang tersedia.
Didalam Al-Qur'an juga tertulis jelas bagi umat manusia untuk menjaga lingkungan :
Surat Al Baqarah : 30
Artinya: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”.” (QS Al Baqarah : 30)
Surat Al-A’raaf : 56
Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. [Q.S. al-A'raaf: 56].

Sumber : Thanks to Wikipedia.org , enginebrakes.files.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar untuk menghargai Author ^^

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search